♥ Check these out! ♥

Senin, 19 April 2010

Usai Menyentuh Ikan, Cuci Tangan dengan Sabun

Senin, 19 April 2010


KOMPAS.com - Kebiasaan mencuci tangan tentu saja positif sebagai pencegahan dari infeksi karena terpapar kuman atau bakteri. Namun tindakan preventif ini tak perlu dilakukan berlebihan. Misalnya dengan harus selalu mencuci tangan menggunakan sabun antimikroba.

Komite Penasehat FDA (Food and Drugs Association) di Amerika menyatakan, tidak ada bukti kuat yang menegaskan sabun mengandung antimikroba bekerja lebih baik daripada sabun biasa.

Justru sabun antimikroba bisa berbahaya. Kandungan zat kimianya bisa mencemarkan air minum di rumah Anda. Sabun yang diasumsikan ampuh membunuh kuman ini ternyata juga mampu melemahkan antibiotik atas bakteri, bahkan membentuk karsinogen atau zat penyebab kanker. Sebaliknya, sabun biasa aman untuk membersihkan tangan Anda dari kuman atau bakteri.

Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah mengolah makanan di dapur. Maklum saja, aktivitas Anda di dapur juga turut mempengaruhi penyebaran kuman. Setelah Anda memegang bahan makanan mentah sepulang belanja, segera cuci tangan Anda. Ada banyak bahan makanan yang memungkinkan menempelnya kuman atau bakteri, seperti telur, daging, ikan, kulit telur, dan unggas.

C1-10



Source : Kompas.com


0 komentar: